ANIMASI

Kamis, 17 Mei 2012

RPP Menulis Cerpen

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                         : MAN 1 BAURENO
MATA PELAJARAN       : Bahasa Indonesia
KELAS                               : X
 
SEMESTER                       : 2

A.          STANDAR KOMPETENSI:
 Menulis:    1.  Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen.
B.           KOMPETENSI DASAR:
1.2  Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik).
C.          MATERI PEMBELAJARAN:
Contoh cerpen
·         ciri-ciri cerita pendek
·         syarat topik cerita pendek
·         kerangka cerita pendek
·         unsur-unsur cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik)

D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI:

Ø  Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis  cerita pendek.
Ø  Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan  pelaku, peristiwa, latar, dan konflik.
Ø  Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN:
Siswa dapat:
·         Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis  cerita pendek
·         Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan  pelaku, peristiwa, latar, konflik
·         Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.
·         Membuat cerpen dengan penokohan dan pengaluran yang bervariasi.
F.           METODE PEMBELAJARAN:
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah

G.          STRATEGI PEMBELAJARAN:

Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menulis karangan berdasarkan  pengalaman orang lain
·         Contoh cerpen
·     Siswa dapat Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen ( pelaku, peristiwa, latar, konflik ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.


H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:

Kegiatan Awal   :
Ø Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
Kegiatan Inti      :
v Eksplorasi
      Dalam kegiatan eksplorasi :
Ø  Menulis cerpen
Ø  Membahas cerpen yang ditulis teman
v Elaborasi
       Dalam kegiatan elaborasi,
Ø  Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan  pelaku, peristiwa, latar, konflik
Ø  Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.
Ø  Membuat cerpen dengan penokohan dan pengaluran yang bervariasi.
v Konfirmasi
       Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
Ø  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
Ø  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir   :
Ø  Refleksi
Ø  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Ø  Penugasan


I.             ALOKASI WAKTU :
2 x 45 menit (2x pertemuan)

J.            SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN:
·           Buku kumpulan cerpen
-     Internet

K.          MEDIA PEMBELAJARAN:
·           Blog

L.           PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  Tugas  Kelompok
§ Tugas Individu
Bentuk Instrumen:
§  Uraian Bebas
§  Latihan Membuat Sebuah karya cerpen 

1 komentar:

  1. assalamuallaikum ukhti
    maaf blog anda terlalu banyak flashnya
    jadi nya lemot sekali

    BalasHapus